Senin, 24 Agustus 2015

Hidung Anak Bau Tak Sedap

Semua orang tua tentunya sayang pada anak-anaknya, apalagi melihat anak-anaknya semakin tumbuh besar, semakin lucu dan semakin kreatif. Banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga menitipkan anaknya ke tempat penitipan anak, dijaga pengasuh atau dijaga oleh neneknya sendiri seperti diriku...:)

Karena tidak dijaga orang tuanya sendiri, terkadang perhatian dan pengawasan untuk anak jadi berkurang, sehingga tanpa pengawasan yang ketat bisa berpotensi menimbulkan penyakit. 
 
Setiap orang tua pasti bingung ketika anak tiba-tiba sakit, barulah orang tua memeriksakan ke dokter atau mencoba pertolongan pertama dengan obat yang sudah disediakan di rumah. Kalau saya biasanya dengan obat apotik yang sudah saya sediakan di rumah. Walaupun saya ada kartu BPJS fasilitas dari kantor tetapi saya tidak begitu memanfaatkan kartu ini karena berbagai alasan.
 
Salah satu keluhan yang terjadi pada anak yaitu hidung anak bau tak sedap. Awalnya orang tua menduga anaknya terkena flu biasa sehingga hidungnya buntu karena tersumbat cairan sehingga timbul bau tak sedap, maka dari itu dibelilah obat flu di apotik terdekat. Namun ketika bau tak sedap itu tak kunjung hilang, maka mulailah cemas si orang tua. Dan itu terjadi pada anak saya Zhafran. Hidungnya yang sebelah kanan bau tak sedap.

Apa penyebab bau tak sedap itu??
 
Bau hidung pada anak tak selalu disebabkan oleh flu, sinus maupun polip hidung. Tetapi pada anak kecil sering kali disebabkan oleh benda asing, karena anak-anak sering kali memasukkan benda ke dalam mulut, hidung maupun telinga terutama pada masa perkembangan yang dinamakan fase oral. 

Benda yang sering dimasukkan biasanya benda benda kecil seperti biji jagung, biji sawo kecik, mainan, kertas, kapas maupun yang lain. Dan yang terjadi pada anak saya Zhafran yaitu dia memasukkan mainan kecil ke hidungnya...hmmm ampyun dech Zhafran ^-^ 

Seperti inilah mainan Zhafran yang dimasukkan ke hidungnya, ini mainan bagian dari mainan helikopter yang dilepas sendiri oleh Zhafran…biasalah Zhafran mungkin bercita2 jadi tehnisi pesawat kalee ….:) . Benda ini sengaja kusimpan sebagai kenang2an biar Zhafran tidak berbuat ceroboh lagi…
                                                      


Apakah berbahaya ??
 
Benda asing yang masuk ke dalam hidung akan memicu iritasi dan akhirnya terjadi infeksi. Selain itu juga bisa terjadi mimisan dan juga sinusitis. Jadi benda asing itu harus segera dikeluarkan dan diobati.
Apabila anak anda mengalami bau hidung yang tak sedap akibat benda asing, jangan ditangani sendiri, harus segera dibawa ke dokter, karena penanganan yang salah bisa beresiko memperlebar ruang infeksi dan lebih berbahaya.
 
Untuk megeluarkan benda itu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu apabila benda asing itu berbahan lunak yaitu dengan disedot. Bila berbahan keras maka dapat dikeluarkan dengan alat pengait khusus. Aduuh, pastinya saya sebagai ibu sungguh tak tega ketika melihat si kecil hidungnya harus diukrik ukrik menggunakan alat tersebut ….:( . 

Karena mengeluarkannya lumayan sulit, Zhafran sampe mimisan banyak dan menangis. Namun akhirnya benda tersebut berhasil dikeluarkan oleh bu dokter specialist THT RSU Rembang. Kaget, lega bercampur aduk setelah melihat adanya benda asing di hidung Zhafran berhasil dikeluarkan. Ternyata bau busuk selama ini bukan karena sinus/polip hidung. Kecurigaan saya sudah lama kira-kira hampir 4 bulan lamanya. Karena benda tersebut saya lihat pakai batray tidak begitu kelihatan , saya sebagai ibu merasa cemas dan gelisah dan mencoba ramuan-ramuan alami dengan menggunakan daun sirih karena bau tak sedap itu kami mengira adanya infeksi hidung.

Untuk pergi ke dokter specialist THT kami tunda karena beberapa faktor yang membuat kami ragu, diantaranya rasa takut/tak tega terhadap Zhafran, dan karena adanya alergi antibiotic dalam diri Zhafran. Namun akhirnya kami menekadkan bulat niat kami untuk pergi ke dokter umum terlebih dahulu dan akhirnya dikasih rujukan ke THT RSU Rembang. Niat kami itu akhirnya membuahkan hasil dan kegalauan saya selama ini terjawab sudah. 
 
Setelah benda asing itu dikeluarkan, dokter memberikan obat paracetamol dan antibiotic amoxilin buat Zhafran. Alhamdulillah kini Zhafan kembali ceria….
 
                                                  


Buat para bunda hati-hati ya…anak kecil memang butuh pengawasan ketat, orang tualah yang berperan penting dalam hal ini. Dan anak kecil tak cukup dikasih dengan nasihat karena tentunya anak kecil sering mengabaikan nasihat jika belum mengalami sendiri hal-hal buruk. Namanya juga anak-anak bund, dunia mereka adalah dunia fantasi gitu loch…
Semoga anak-anak kita terhindar dan dijauhkan dari hal-hal yang berbahaya…aamiin…!!

11 komentar:

  1. Bun mau tanya, apa selama benda itu di hidung Zhafran, dia ada tanda tanda demam, rewel, susah bernafas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga bund...cuma klo Zhafran pilek saya keluarkan ingusnya selalu g mau..mgkn karena ada yg mengganjal

      Hapus
  2. anak saya tdk demam tapi kalau flu hiduungnya bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan karena banyak lendir yg sudah mengering lama...

      Hapus
  3. Sdh 1mgg ini kecium bau busuk dari dlm hidung ankku. Mau periksa msih takut. Tp tkut lg kl gak diperiksa. Lg flu tp gak parah. Yg ku dnger nafasnya agk mampet emang. Apa ya kira2. Ankku 4th. 4bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ingus yang mengering bund. Coba diperikasakan ke dokter spa dl bund :)

      Hapus
  4. Sdh 1mgg ini kecium bau busuk dari dlm hidung ankku. Mau periksa msih takut. Tp tkut lg kl gak diperiksa. Lg flu tp gak parah. Yg ku dnger nafasnya agk mampet emang. Apa ya kira2. Ankku 4th. 4bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin hanya bau lendir2 yg sudah mengeras bund..insy gpp . Coba diperiksakan ke dokter spesialist anak dulu saja bund

      Hapus
  5. Bun ank sy juga begitu setelah kupriksakn k dokter tht katanya ada benda asing seperti mainan ... Berulang kali dokter mengurik2 hidung ank sy sampai 3xkontrol susah gk ke ambil2 sampai akhirnya sy tak tega lihat putri sy kesakitn sy putuskn untuk di bius saja tapi kata dokter suruh buat bpjs dulu & sy pun membuatnya 1buln br jadi & setelh jadi bpjs untuk ank sy yg rencana buat oprasi eh ternyta sudah tak berbau sama sekali & tidak lagi kluar lendir... Menurut bunda hidung ank sy bau karna apa ya bun? Kok sekrg sudaj ga bau lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kata dr.THT ada benda asing itu kemungkinan hanya benda lunak seperti tisue kecil bund,apakah dulu tidak mencoba untuk Scan Bund? alhamdulillah kalo skrg sdh tidak bau lg & tidak keluar lendir lg Bund.

      Hapus